Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunity, Threats)

SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunity, Threats)

Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunity), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats).


Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
1. Strenght (S) yaitu kekuatan, maksudnya adalah kita harus mengenali jati diri kita dan menganalisi suatu kekuatan atau kelebihan-kelebihan yang ada pada diri kita sendiri atau perusahaan (internal) agar dapat menbangun usaha untuk memperlancar tujuan yang akan dicapai.
2. Weaknesses (W) yaitu kelemahan, maksudnya adalah kita harus mencari tahu atau menganalisi kelemahan yanga ada pada diri sendiri atau pada suatu organisasi maupun perusahaan (internal), dsb yang dapat menjadi kendala dalam mencapai suatu tujuan.
3. Opportunity (O) yaitu peluang, maksudnya adalah kondisi atau situasi yang merupakan peluang yang berasal dari diluar diri kita atau diluar perusahaan (eksternal) yang harus kita ketahui guna memperlancar atau membantu agar tercapainya tujuan yang ingin diinginkan.
4. Threats (T) yaitu ancaman, maksudnya adalah sesuatu tantangan atau situasi sulit yang harus dihadapi oleh seseorang atau suatu perusahaan ataupun organisasi (eksternal) untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan yang menyebabkan kemunduran.

Faktor Internal

Faktor internal ini mempengaruhi terbentuknya strenghts and weaknesses (S dan W). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi pada diri sendiri atau yang terjadi dalam perusahaan, yang mana ini turut mempengaruhi terbentuknya pembuatan keputusan (decision making) perusahaan. Namun faktor Internal ini bukanlah faktor yang paling menentukan keberhasilan.


Faktor eksternal

Faktor eksternal ini mempengaruhi terbentuknya opportunities and threats (O dan T). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi-kondisi yang terjadi di luar perusahaan yang mempengaruhi dalam pembuatan keputusan perusahaan. Faktor ini mencakup lingkungan teknologi, kependudukan, dan sosial budaya.

Comments

Popular posts from this blog

Aljabar Boolean dan Aplikasinya

Kode Awalan

Metode Peta Karnaugh