Dampak Penggunaan Teknologi
Beberapa Contoh Dampak Penggunaan Teknologi
1. Dampak
Pengunaan Earphone
Earphone adalah perangkat audio yang dipasang di
telinga, berbentuk mungil digunakan untuk memusatkan suara / audio. Cara kerja
alat ini adalah mengubah energy listrik menjadi gelombang audio. Earphone bisa
digunakan dalam berbagai perangkat seperti komputer, CD / DVD player, ponsel
dll. Bentuknya yang kecil membuat earphone sering digunakan banyak orang.
a. Dampak
Positif
Dengan
adanya earphone, orang-orang lebih dapat mendengarkan suara secara bebas. Bisa
dengan berapapun tingkat volumenya atau mendengarkan suara apa saja, kapan
saja, dan dimana saja. Privacy masing-masing individu pun terjaga.
Keuntungan lainnya adalah kedap suara. Suara dari luar tidak masuk mengganggu dan demikian pula sebaliknya. Sound isolating earphone pun sangat berperan di sini selain dari privacy.
Keuntungan lainnya adalah kedap suara. Suara dari luar tidak masuk mengganggu dan demikian pula sebaliknya. Sound isolating earphone pun sangat berperan di sini selain dari privacy.
b. Dampak
Negatif
Ø Kerusakan
Permanen Pada Telinga
Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara
keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga, biasanya,
hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.
Ø Kehilangan
Pendengaran Di Usia Muda
Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atau headset yang
berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan
headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya
efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu, si penderita akan mulai
kehilangan pendengarannya.
Ø Kerusakan
Otak
Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset ini diduga
berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetig ini
berpengaruh pada listrik otak pada tikus. Namun, hingga saat ini belum
diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak
manusia. Tapi yang jelas kamu harus tetap waspada.
Ø Ambang
Pendengaran
Paparan musik dengan earphone atau headset dapat mempengaruhi ambang
pendengaran manusia, terutama bila dilakukan dengan volume keras dan dalam
jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan
pendengaran secara permanen. Dimana tingkat suara, suara tingkat ringan untuk
dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40
desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel
atau lebih yang masih dapat didengar.
2. Dampak
Penggunaan Pestisida
Pestisida secara umum diartikan
sebagai bahan kimia beracun yang digunakan untuk mengendalikan jasad penganggu
yang merugikan kepentingan manusia. Dalam sejarah peradaban manusia, pestisida
telah cukup lama digunakan terutama dalam bidang kesehatan dan bidang
pertanian. Di bidang kesehatan, pestisida merupakan sarana yang penting.
Terutama digunakan dalam melindungi manusia dari gangguan secara langsung oleh
jasad tertentu maupun tidak langsung oleh berbagai vektor penyakit menular.
Berbagai serangga vektor yang menularkan penyakit berbahaya bagi manusia, telah
berhasil dikendalikan dengan bantuan pestisida. Dan berkat pestisida, manusia
telah dapat dibebaskan dari ancaman berbagai penyakit berbahaya seperti
penyakit malaria, demam berdarah, penyakit kaki gajah, tiphus dan lain-lain.
Di bidang pertanian, penggunaan
pestisida juga telah dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan produksi. Dewasa
ini pestisida merupakan sarana yang sangat diperlukan. Terutama digunakan untuk
melindungi tanaman dan hasil tanaman, ternak maupun ikan dari kerugian yang
ditimbulkan oleh berbagai jasad pengganggu. Bahkan oleh sebahagian besar
petani, beranggapan bahwa pestisida adalah sebagai “dewa penyelamat” yang
sangat vital. Sebab dengan bantuan pestisida, petani meyakini dapat terhindar
dari kerugian akibat serangan jasad pengganggu tanaman yang terdiri dari
kelompok hama, penyakit maupun gulma. Keyakinan tersebut, cenderung memicu
pengunaan pestisida dari waktu ke waktu meningkat dengan pesat.
a. Dampak
Positif
Dalam bidang pertanian pestisida merupakan sarana
untuk membunuh jasad pengganggu tanaman sehingga hasil panen dapat diselamatkan
dari gangguan hama penyakit.
b. Dampak
Negatif
Ø Dapat
meracuni manusia dan hewan domestic.
Ø Meracuni
organisme yang berguna, mislanya lebah
dan serangga yang membantu penyerbukan, dan satwa liar yang mendukung fungsi
kelestarian alam.
Ø Pencemari
lingkungan dengan segala akibatnya, termasuk residu pestisida.
Ø Pencemaran
terhadap ekosistem perairan seperti : sungai, kolam, rawa dan danau.
Ø Menyebabkan
terjadinya ledakan hama sekunder.
3. Dampak
Teknologi Video Game
Permainan
yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang
dihasilkan oleh piranti video.
Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan misalnya skor yang
dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan
tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
a. Dampak
Positif Video Game
Ø Mengurangi stress
Dengan bermain game, maka seseorang
akan terbebas dari segala tekanan yang mereka hadapi di dunia luar. Untuk
menghilangkan stresnya, seseorang bisa membenamkan dirinya dalam asyiknya
bermain video game sementara waktu.
Ø Meningkatkan Kemampuan Otak
Video game telah berkembang ke titik
dimana pengguna harus mengambil kendali dan berpikir untuk diri mereka sendiri.
Sehingga video game membutuhkan pemain yang pintar memecahkan teka-teki. Mereka
harus sabar dan kreatif agar mereka bisa maju ke babak permainan berikutnya
Ø Membuat bahagia
Salah satu kenyataan adalah bermain
video game itu membuat seseorang merasa bahagia. Ketika seseorang berhasil
dalam suatu permainan maka dia akan merasa senang dan ingin terus melakukan
ketahap selanjutnya.
b. Dampak
Negatif Video Game
Ø Gaya Hidup Buruk
Pecandu video gama akan mencurahkan
semua waktunya untuk aktif bermain video game. Dia hanya akan duduk atau
berbaring dalam praktik kesehariannya. Kebiasaan makannya juga buruk, dan
kebiasaan tidurnya kacau. Ini menyebabkan mereka mudah terkena stroke, penyakit
jantung, dan hipertensi.
Ø Pola
Makan Kurang Sehat
Pecandu video game biasanya akan
beralih ke makanan cepat saji dan memilih memakan makanan beku dan instan.
Mereka justru memperbanyak minuman soda dan minuman energi dengan harapan
mereka bisa bermain dalam kondisi prima.
Ø Kurang Tidur
Pecandu video game pasti akan
memakai banyak waktunya untuk bermain video game diluar waktu kerja dan
belajarnya sehingga pecandu video game akan memakai waktu istrahatnya untuk
bermain game hal ini akan berdampak buruk pada kesahatannya
Ø Interaksi
Sosial yang Tidak Baik
Bermain video game berlebihan menyebabkan orang itu memilih
mengisolasi dirinya dari dunia luar. Ia cenderung mengasingkan diri dari teman
dan keluarga. Orang itu lebih asyik dengan permainannya. Ketidakpedualian
seseorang terhadap kebersihan pribadi hanyalah awal perpindahan orang itu dari
dunia nyata dan menjauh dari kehidupan sosial.
Comments
Post a Comment